Sosialisasi Menjelang Pilkada Tahun 2024

  • Jun 19, 2024
  • Ari Marvian
  • Berita Desa, Berita Kecamatan, Berita Kabupaten

Satuan Pembinaan Masyarakat (Satbinmas) Polres Penajam Paser Utara (PPU) menggelar sosialisasi dan edukasi bertajuk Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024, di Gedung Serba Guna Bangun Mulya, JumatRabu (19/6/2024).

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai unsur masyarakat, termasuk tokoh masyarakat, pemuda, tokoh agama, serta perwakilan, linmas dari berbagai elemen organisasi kemasyarakatan.

Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik kepada masyarakat mengenai pentingnya peran serta dalam Pilkada.

Kasat Binmas Polres PPU AKP Bambang Purnomo mewakili Kapolres PPU AKBP Supriyanto menyampaikan pentingnya partisipasi aktif masyarakat dalam proses demokrasi, terutama dalam menentukan pemimpin di daerahnya masing-masing.

“Kegiatan sosialisasi ini adalah bagian dari upaya kami untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang proses demokrasi dan pentingnya Pilkada yang berintegritas dan mampu mewakili kepentingan rakyat,” ujar AKP Bambang Purnomo, melalui keterangan tertulis yang disampaikan Humas Polda Kaltim.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada perangkat Desa Bangun Mulya, serta narasumber dan peserta yang telah ikut berpartisipasi, sehingga kegiatan ini dapat berjalan seperti yang diharapkan.

“Kepada warga, kami imbau untuk bersama-sama datang ke TPS (Tempat Pemungutan Suara, Red) melaksanakan pencoblosan saat Pilkada nanti,” ucapnya.

Lanjut dia menerangkan, setiap desa maupun kelurahan terdapat personel Bhabinkamtibmas yang bertujuan membantu segala permasalahan di tengah masyarakat.

Selain itu, kepolisian juga telah menugaskan Polisi RW di tiap RT. Tugasnya membantu keluhan masyarakat terkait Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas).

Selain memberikan pemahaman tentang pentingnya Pilkada, kegiatan ini juga menjadi wadah bagi masyarakat untuk bertukar informasi dan pandangan mengenai calon-calon yang akan bertarung dalam Pilkada nanti.

Diskusi terbuka pun digelar, masyarakat dapat mengemukakan berbagai pertanyaan dan masukan terkait dengan visi dan misi calon serta program-program yang diusung.

“Partisipasi aktif Satbinmas Polres PPU dalam kegiatan ini menjadi bukti nyata komitmen pemerintah dalam mendukung terciptanya proses Pilkada yang transparan, adil, dan demokratis,” ungkap AKP Bambang Purnomo.

Ia berharap, melalui sosialisasi ini maka masyarakat Benuo Taka, nama lain PPU, akan semakin tergerak untuk menggunakan hak pilihnya dengan bijak, demi terwujudnya kepemimpinan yang berkualitas dan mampu mengemban amanah rakyat.