Peringatan Kemerdekaan RI: Pemuda Cendana Meriahkan Lomba 17 Agustus di Desa Bangun Mulya

  • Aug 20, 2024
  • Ari Marvian

Moment peringatan kemerdekaan RI umumnya dilakukan dengan berbagai kegiatan baik upacara bendera maupun lomba-lomba yang kerap dilakukan oleh masyarakat. Hal tersebut juga dilakukan di Desa Bangun Mulya  Kecamatan Waru Kabupaten Penajam Paser Utara. Peringatan 17 Agustus pada tahun ini tidak lupa diisi dengan kegiatan lomba-lomba untuk menjaga semangat persatuan di masyarakat. Lomba yang dilakukan di Desa Bangun Mulya terdiri atas  berbagai tingkatan lomba yaitu lomba anak-anak, ibu-ibu dan bapak-bapak. Diacara acara puncak malam senin sekaligus penutupan final lomba karaoke kegiatan 17 Agustus di desa dengan penyerahan hadiah lomba.


Pada tanggal 4-8 Agustus 2024 mahasiswa KKN 156 turut serta membantu dalam lomba yang ada di dusun. Mahasiswa membantu di dua dusun yaitu Dusun Krajan Timur dan Kelapa Sawit Barat. Lomba yang diadakan selama lima hari tersebut terdiri atas lomba anak-anak dan ibu-ibu. Pada kesempatan ini mahasiswa KKN turut serta berperan sebagai panitia lomba.

Antusiasme terlihat tinggi di masyarakat, pasalnya tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya jika di tahun sebelumnya lomba-lomba hanya dilakukan ditingkat desa namun, pada tahun ini lomba juga dilakukan di masing-masing dusun. Sedangkan, pada lomba yang dilakukan di desa yaitu lomba tarik tambang dilakukan selama dua hari pada tanggal 17 dan 18 Agustus 2024. Sama halnya dengan lomba yang dilakukan di dusun, dalam lomba ini juga mendapat respon yang luar biasanya oleh masyarakat. Solidaritas masyarakat semakin terlihat pada kegiatan tersebut. Tidak lupa diakhir sesi sebagai fun match mahasiswa KKN 156 juga bermain dalam lomba yang dilakukan.