Otorita IKN Hadirkan Sepuluh Pelatih Bidang Bisnis UMKM

  • Jun 12, 2024
  • Ari Marvian
  • Berita Desa, Berita Kecamatan, Berita Kabupaten, Berita Nasional

Otorita IKN mendatangkan sepuluh pelatih yang memiliki sertifikasi BNSP se-Indonesia pada Rabu (12/6/2024).  Para pelatih ini memberikan materi pelatihan bisnis, peningkatan aspek mentalitas dan jiwa entrepreneurship pelaku UMKM IKN.

“Pelatihan  250 pelaku UMKM di sekitar IKN ini untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas para pelaku UMKM agar berkelas dunia Salah Satunya UMKM Sekar Buen dari Desa Bangun Mulya Trut Hadir dalam kegiatan tersebut. Pendampingan ini merupakan produk dari Program Kampung Wirausaha UMKM demi peningkatan skill pelaku usaha” ujar Pelatih Puguh Wiji Pamungkas yang merupakan Presiden Nusantara Gilang Gemilang. 

Kampung wirausaha menjadi awal untuk pelaku UMKM di IKN sebagai representasi dan komitmen bersama untuk meningkatkan kapasitas pelaku usaha. ”Kami ada di delapan propinsi di Indonesia termasuk di IKN dan setiap dua bulan melakuka parade coaching,” kata Puguh

Kegiatan yang diberi judul UMKM IKN BERGURU memberikan beberapa materi seperti menjadi perempuan hebat, kuat yang menjaga martabat untuk IKN dahsyat. Kemudian literasi keuangan dengan business model canvas, sembilan business pilar, pengusaha yang bermental baja. 

UMKM yang hadir dalam pelatihan juga memamerkan produk olahan makanan, fesyen, jasa transportasi yang merupakan potret UMKM lokal. “Kita berharap dengan sinergisitas semua komponen, UMKM bisa berkembang dari mikro menjadi kecil, menengah menjadi  besar, “ ucap Puguh.