Memaknai Tema HUT ke-79 Kemerdekaan RI, Nusantara Baru Indonesia Maju

  • Aug 06, 2024
  • Ari Marvian
  • Berita Desa, Berita Kecamatan, Berita Kabupaten, Berita Nasional

Nusantara Baru Indonesia Maju”  menjadi tema dalam peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI dengan Logo Logo HUT merepresentasikan visi pembangunan berkelanjutan dan persatuan bangsa.  Logo yang menggambarkan transisi pemindahan ibu kota negara dan kepemimpinan bangsa.

Logo di ciptakan oleh anggota Desainer Grafis Indonesia (ADGI) asal Kota Surabaya, Jawa Timur,  Inggrid Wenas. Logo tersebut mengandung filosofi persatuan sebagai hal dasar yang harus dicapai oleh bangsa Indonesia dan kesetaraan menjadi salah satu tujuan negara dengan cara membangun Indonesia secara berkelanjutan tanpa melupakan nilai luhur Pancasila. Identitas visual logo HUT ke-79 Kemerdekaan RI menggambarkan karakter yang mengalir, saling terhubung dan luwes menyiratkan rasa ramah dan dekat dengan masyarakat.

Terlepas dari perdebatan pro dan kontra soal IKN,  faktanya IKN  benar terwujud.  Saya tidak ingin menjadi bagian dari pro dan kontra tersebut akan tetapi ingin berpendapat soal IKN yang telah menjadi fakta.

Saya ingin mengungkap pandangan pribadi saya atas  dari tema peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI , Nusantara Baru Indonesia Maju.

 

Nusantara Baru

Nusantara baru dapat di artikan sebagai sebuah tempat Ibu Kota Negara Baru yang bernama Nusantara yang berlokasi di di Kecamatan Samboja dan Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Nusantara Baru, Konsep Ibu Kota Negera yang baru, Kota Modern yang dipadukan dengan kearifan Lokal.  Kota yang mencerminkan identitas nasional, menjamin keberlangsungan sosial, ekonomi dan lingkungan, dan kota cerdas, modern berstandar interasional.

Nusantara Baru,  Nusantara adalah Konsep kenegaraan yang besar , kua dalam satu kesatuan, yang telah dikenal sejak kerajaan Singosari hingga kerajaan Majapahit.  Nusantara menjadi spirit bagi bangsa Indonesia untuk menyatakan eksistensinya sebagai negara yang besar, kuat dan bersatu.

Nusantara Baru, sebagai harapan baru. Harapan terjadinya pemerataan pembangunan terutama di Kawasan Timur Indonesia yang masih tertinggal dibandingan Indonesia bagian barat.

 

Indonesia Maju

Indonesia maju, adalah Indonesia yang memiliki Kualitas Sumber Daya Manusia berkualitas, baik dari aspek kepribadian dan ilmu pengetahuan. Indonesia yang mampu mengelola Sumber Daya Alam yang berlimpah sebagai anugrah Tuhan Yang Maha Esa, dengan kekuatan anak bangsa, ramah lingkungan dan digunakan untuk sebesar besarnya kesejahteraan rakyat.  Indonesia maju adalah bangsa yang mandiri, creatif dan inovatif, berkarakter berdasarkan nilai-nilai luhur budaya bangsa, disegani dan berperan aktif atas perdamaikan dunia dan nilai nilai kemanusiaan.

Nusantara baru menjadi harapan dan daya dorong atas berbagai kemajuan Indonesia baik  sosial, ekonomi, budaya, sains, kebudayaan, idiologi, politik dan keamanan.

Atas kehadiran IKN dengan segala harapannya, saya sebagai anak bangsa belum menyumbangkan apa apa,  setetes keringat pun tidak, hanya doa yang saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa semoga IKN menjadi tanda untuk berbagai kemajuan bagi Negeri tercinta Indonesia.

Bagi yang tidak setuju dengan IKN,  tunggu saja  buktinya apakah IKN menjadi tanda kebangkitan Baru kemajuan Indoensia? Atau seperti yang sering anda katakan IKN sebagai keputusan yang salah dan pemborosan negara yang dipenuhi konspirasi bisnis di dalamnya.

Biarlah fakta akan berbicara, karena IKN telah menjadi fakta. Jika bibir yang berbicara semua masih menjadi prasangka dan kira-kira.

Biarlah IKN menjadi Takdir Sejarah bagi Indonesia, dan mari kita nantikan sejarah apa yang akan dilahirkan selanjut.

 

Mederka !!!